Press "Enter" to skip to content
Burung frogmouth (Dok. commons.wikimedia.org)

Burung Ini Paling ‘Instagrammable’ Sedunia

Instagrammable adalah istilah yang lazim disebut untuk menggambarkan sesuatu yang bisa, layak, dan pantas untuk dibagikan ke media sosial seperti Instagram dalam bentuk foto dan video. Di lingkungan satwa, predikat instagrammable jatuh pada sejenis burung yang tampilannya unik, yaitu burung paruh katak (Frogmouth).

Frogmouth adalah sejenis burung nokturnal yang banyak ditemukan di subkontinen India ke Asia Tenggara sampai ke Australia. Nokturnal artinya aktif berkegiatan pada malam hari. Burung ini dicirikan oleh paruh mereka yang lebar dan pipih seperti katak. Paruh besar ini berguna untuk menangkap mangsa seperti serangga dengan mudah.

Penampilan itu membuat burung dari familia Podargidae ini mudah dikenal. Bahkan jurnal Nature Australia pada 2004 lalu memberinya julukan burung dengan tampilan ‘paling malang’ sedunia. Sedangkan jurnal i-Perception memberinya gelar yang lebih baik: “Burung paling instagrammable sedunia.

Dilansir dari Science Alert, burung frogmouth mendapat julukan paling instagammable itu bukan karena fotonya paling banyak beredar di Instagram. Dari 27.000 foto burung yang mereka amati, foto frogmouth hanya 65 frame. Tapi foto-foto ini mendapat like paling banyak.

Studi di jurnal itu melibatkan pengamatan pada sembilan akun Instagram yang terbanyak follower-nya, yaitu @best_birds_planet, @best_birds_of_world, @nuts_about_birds, @birdfreaks, @birdsonearth, @bestbirdshots, @audubonsociety, @bird_brilliance, @your_best_birds). Seluruhnya memiliki hampir 3,5 juta follower.

Foto-foto yang instagrammable dinilai dari jumlah like dan besaran audiens di akun-akun tadi. Foto yang mendapat like lebih banyak mendapat skor positif. Faktor estetika juga ikut mendorong banyaknya like pada foto-foto itu, misalnya warna bulu dan sebagainya. Menariknya, foto-foto burung dengan tampilan yang unik dan tak biasa juga banyak di-like. Di situlah frogmouth meraih popularitasnya.

Berikut foto-foto burung frogmouth yang mendapat perhatian banyak, sebagaimana dimuat di Science Alert dan kami screenshot:

 

 

 

Menurut kalian bagaimana? Benar-benar instagrammable-kah burung ini?

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: