Press "Enter" to skip to content
Bdelloid rotifer (Dok. Reuters.com)

Membeku 24.000 Tahun, Hewan Kecil Ini Bisa Hidup Lagi

Organisme yang dibekukan bisa hidup lagi? Kalau ingat Captain America dan Winter Soldier, mereka juga melewati proses seperti ini. Tapi itu kan dalam film. Kenyataannya bagaimana?

Ada sih ilmuwan yang sedang mengembangkan metode yang disebut Cryonics (dari bahasa Yunani: kryos yang berarti ‘dingin’), yaitu suatu proses pembekuan jenazah manusia atau penggalan kepala manusia di suhu sangat rendah dengan harapan bisa dibangkitkan lagi di masa depan. Tapi metode itu menimbulkan banyak perdebatan.

Terlepas dari kontroversi itu, sebetulnya ada ilmuwan yang berhasil menghidupkan kembali organisme yang terkubur di lapisan dingin selama 24.000 tahun. Dilansir dari Reuters, organisme berukuran mikroskopis itu berhasil hidup kembali dan bereproduksi secara aseksual setelah diambil dari lapisan tanah permafrost di timur laut Siberia.

Peneliti Rusia menemukan hewan purba yang sangat kecil bernama Bdelloid rotifer itu dalam lapisan tanah yang diambil dari sungai Alazeya di Yakutia, Rusia. Bdelloid rotifer adalah organisme multisel yang biasa ditemukan di habitat air tawar dan diketahui mampu menghadapi temperatur yang dinginnya ekstrem.

Penelitian sebelumnya mendapati bahwa Bdelloid rotifer mampu bertahan hidup saat dibekukan dalam suhu -20 derajat Celsius selama sepuluh tahun. Tapi dalam penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Current Biology, hewan ini ternyata sanggup bertahan hidup jauh lebih lama.

Organisme ini dihidupkan dari sampel yang diambil dari kedalaman 3,5 meter di bawah permukaan tanah. Material ini diperkirakan berasal dari masa antara 23.960 dan 24.485 tahun lalu.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: