Press "Enter" to skip to content
Baking soda (Foto: NatureFriend/Pixabay

Baking Soda dan Cuka Bisa Membersihkan Kotoran, Ini Alasannya

Baking soda dan vinegar (cuka) ternyata mampu menghilangkan kotoran, mendisinfeksi permukaan dan membuat ruang mengkilap dan bersih? Mengapa bahan-bahan alami ini mampu melakukan itu semua?

“Kalau Anda membersihkan dengan baking soda atau cuka, Anda sedang menerapkan manipulasi molekul yang sangat rumit,” kata May Nyman, seorang profesor ilmu kimia di Oregon State University seperti dilansir Live Science.

Baking soda memiliki nama lain sodium bicarbonate (NaHCO3). Bahan ini banyak digunakan sebagai pengembang dalam pembuatan roti, karena ia akan membuat ukuran roti dan cake mengembang saat dipanggang. Sedangkan cuka adalah larutan encer asam asetat (HC2H3O2), yang dihasilkan oleh bakteri selama fermentasi.

Baking soda adalah lawan dari cuka. Memang keduanya sama-sama keras, tapi baking soda dapat melarutkan bahan organik,” ucap Nyman. “Dan seperti cuka, baking soda tidak membahayakan Anda dan tidak akan berbahaya ketika digunakan untuk membersihkan tempat-tempat di mana Anda menyimpan makanan.”

Kedua bahan dapur tersebut merupakan bahan pembersih yang efektif karena berada pada sisi yang berlawanan pada skala pH. Skala pH adalah ukuran seberapa asam atau basa suatu zat, dalam skala dari 1 (sangat asam) hingga 14 (sangat basa), dengan nilai netral pada 7. Air murni memiliki pH 7. Soda kue memiliki pH 9, sedangkan cuka memiliki pH 2.

Sebagai bahan dasar, baking soda melarutkan senyawa organik seperti kotoran, minyak, dan bahan lengket lainnya. Selain itu, struktur mineral dari setiap partikel baking soda memberikan abrasif yang lembut sehingga bisa dibersihkan tanpa meninggalkan goresan. Sebagai asam, cuka memecah mineral yang terbentuk dari air keran yang membentuk noda yang tidak sedap dipandang pada bak cuci, bak dan meja.

Menggabungkan dua bahan rumah tangga biasa akan memberikan hasil yang luar biasa. Tapi ingat, jangan mencampurnya dalam jumlah yang sama karena Anda perlu menjaga campuran di sisi asam atau basa dari nilai netral. Ketika baking soda dicampur dengan cuka, asam akan memecah baking soda, melepaskan gas karbon dioksida yang dapat membantu mengangkat kotoran dari permukaan yang sedang dibersihkan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: