Press "Enter" to skip to content
Cheetah (Foto: DrZoltan/Pixabay)

Benarkah Cheetah Hewan Tercepat

Hewan apa yang tercepat? Kamu mungkin bilang cheetah. Tapi ada lho hewan lain yang tiga kali lebih cepat ketimbang cheetah atau malah lebih cepat lagi. Hewan apakah itu?

Dilansir dari Live Science, cheetah (Acinonyx jubatus) memang cepat. Kecepatan larinya bisa mencapai 103 km perjam. Malah data dari Smithsonian National Zoo & Conservation Biology Institute, kecepatan puncak cheetah bisa mencapai 113 km per jam.

Tetapi cheetah hanya cepat di darat dan itu pun dalam jarak pendek. Sebab hewan ini tidak berburu dengan kecepatan tinggi pada jarak jauh. Strategi berburu cheetah adalah berakselerasi dan bermanuver dengan sangat cepat, sedangkan endurance-nya terbatas.

Jelas cheetah kalah jauh dibandingkan endurance hewan lain. Contohnya antelop (Antilocapra americana) yang mampu berlari dengan kecepatan 72 km per jam sejauh berkilo-kilo meter.

Lain lagi hewan laut dan unggas. Contohnya alap-alap kawah (Falco peregrinus) mampu menyelam dengan kecepatan 322 km per jam untuk menangkap mangsa di laut.

Tapi dalam kecepatan terbang, ada sedikit burung yang bisa melebihi kecepatan cheetah. Contohnya burung common swift (Apus apus) yang sanggup terbang dengan kecepatan 111 km per jam dan burung white-throated needletail (Hirundapus caudacutus) yang mampu mencapai kecepatan 169 km per jam menurut National Audubon Society.

Di laut, golongan ikan yang supercepat adalah marlin hitam (Istiompax indica) yang mampu berenang dengan kecepatan 129 km per jam menurut Britannica, dan swordfish (Xiphias gladius) serta sailfish (Istiophorus) yang bisa mencapai kecepatan masing-masing 97 km per jam dan 109 km per jam, menurut ReefQuest Centre for Shark Research.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: