Press "Enter" to skip to content
Lebah Apis cerana (dok. commons.wikimedia.org/Martin Ziegler)

Ini Dia Spesies Lebah Madu yang Asli Indonesia

Lebah madu adalah jenis hewan yang ternyata banyak sekali jenisnya dan luas sekali sebarannya. Sampai 1980-an, para ilmuwan sebagian sepakat bahwa lebah madu hanya punya satu genus yaitu Apis dan empat spesies yaitu A. florea, dorsata, mellifera, dan cerana.

Penelitian terkini mendapati bahwa lebah madu ternyata lebih kompleks lagi. Jumlah spesiesnya lebih banyak daripada yang diperkirakan sebelumnya. Dari empat menjadi sembilan spesies dengan tiga subgenera.

Nah di Indonesia, menurut penelitian dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam di Bogor, Jawa Barat, ada beberapa spesies asli. Apa saja?

Spesies-spesies lebah madu asli Indonesia ini bisa dibagi ke dalam dua jenis sarang, yaitu: lebah yang bersarang di tempat terbuka (Open-nesting Honey Bees) dan tempat tertutup (Cavity-nesting Honey Bees).

Lebah madu yang bersarang di tempat terbuka terdiri dari:
1. Apis andreniformis dan Apis florea Fabricius
A. andreniformis tersebar di barat garis Wallace dan berada di ketinggian sampai 500 mdpl. Sedangkan A. florea masih belum diketahui asalnya. Spesimen jenis ini dikoleksi di museum di Jakarta dan Surabaya.
Ciri-ciri A. andreniformis:
– Tubuhnya lebih kecil daripada A. florea
– Sarang di tempat terbuka, menggantung di ranting atau dahan pohon kecil.
– Perut A. florea berwarna merah kecoklatan sedangkan A. andreniformis berwarna hitam dengan garus putih.
2. Apis dorsata
Jenis lebah ini ditemukan di seluruh kepulauan Indonesia kecuali Maluku dan Papua.
Lebah ini tubuhnya paling besar dibandingkan lebah madu asli Indonesia lainnya dan paling agresif. Di Indonesia terdapat dua subspesies yaitu A. dorsata dorsata yang perutnya berwarna agak kecoklatan dengan strip oranye, dan A. dorsata binghami dengan perut hitam bergaris putih.

Lebah madu yang bersarang di tempat tertutup adalah:
1. Apis cerana
Lebah madu ini bisa ditemukan di semua kepulauan di Indonesia kecuali di Malulu dan Papua. Menurut ukuran tubuhnya, lebah ini adalah yang terkecil dari spesies lebah yang bersarang di tempat tertutup.
2. Apis koschevnikovi
Spesimen lebah ini ada di berbagai museum di Indonesia. Tapi dari survei diketahui bahwa koloni lebah ini ditemukan di Solok, Sumatra Barat dan di Barabai, Kalimantan Selatan. Tubuhnya sedikit lebih besar ketimbang A. cerana dengan perut warna kemerahan.
3. Apis nigrocincta
Lebah ini ditemukan hanya di Sangihe, Sulawesi. Secara morfologis mirip sekali dengan A. cerana, hanya lebih besar dan warna tubuhnya lebih kuning.

Itulah spesies lebah madu asli Indonesia. Nah, ada satu spesies lagi yang masih tanda tanya sebetulnya, sebab ditemukan di Sabah, Borneo, yang masih satu daratan dengan Kalimantan di Indonesia. Lebah itu adalah Apis nuluensis, yang ditemukan di Sabah, Borneo, pada ketinggian di atas 1.700mdpl. Jenis ini masih diteliti apakah juga ditemukan di wilayah Indonesia.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: