Press "Enter" to skip to content
Kaki seribu Eumilipes persephone (Foto: Paul E. Marek, Bruno A. Buzatto, William A. Shear, Jackson C. Means, Dennis G. Black, Mark S. Harvey, Juanita Rodriguez, Scientific Report)

Spesies Baru Kaki Seribu Ditemukan, Kakinya Benar-Benar Lebih dari 1000

Kaki seribu yang literally punya kaki seribu lebih ya ini, kaki seribu spesies baru yang ditemukan baru-baru ini di di Goldfields di Autralia Barat. Peneliti menghitung, kakinya ada 1300 lebih.

“Kata ‘milipede’ selama ini dianggap penamaan yang keliru,” kata Paul Marek, ahli entomologist di Virginia Tech University dan penulis studi yang mendeskripsikan kaki seribu spesies baru itu.

Walaupun hewan kecil ini dinamai kaki seribu, pada kenyataannya jumlah kaki binatang kecil ini tidak sampai 1000. Rekor kaki terbanyak dipegang oleh spesies bernama Illacme plenipes, yang punya 750 kaki.

Nah spesies baru yang diberi nama Eumilipes persephone ini memang benar-benar punya kaki seribu bahkan lebih. Nama persephone berasal dari nama putri Zeus, yang dibawa oleh Hades ke dunia bawah tanah. Salah satu spesimen Euimilipes persephone yang diteliti oleh Marek dan timnya memiliki 1.306 kaki.

Kelabang dan Kaki Seribu, Apa Gunanya Kaki Sebanyak Itu?

Spesies baru ini memiliki tubuh pucat, tidak bermata, dengan tubuh yang panjang berbuku-buku. Di kepalanya yang berbentuk cone ada antena untuk bernavigasi di lingkungannya yang gelap, diarahkan oleh feromon dan semacam paruh untuk makan fungi. “Kakinya sulit dihitung karena hewan itu cenderung melilit seperti pegas arloji kecil, kata Marek.

“Saya menduga hewan-hewan ini berumur lebih panjang,” kata Marek kepada Live Science. Kaki seribu tumbuh dengan tubuh berbuku-buku atau bersegmen-segmen, yang disebut ‘ring‘. Ahli entomologi dapat menghitung segmen ini seperti lingkaran pohon untuk menetapkan usia relatif antara individu dari spesies yang sama.

Marek meneliti empat spesimen, dua jantan dan dua betina, yang memiliki panjang dan usia yang berbeda. Yang terpendek dari kelompok itu memiliki 198 ring dan 778 kaki. Yang terpanjang memiliki 330 ring dan 1.306 kaki. E. persephone diperkirakan hidup selama 5 dan 10 tahun. Kaki seribu lain umumnya berumur 2 tahun saja.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: