Press "Enter" to skip to content
Anak anjing menggigit tulang (Dok. Stefan Glazer/Pixabay)

Anjing Pun Tak Suka Pergi ke Dokter

Siapa di sini yang benci ke dokter atau selalu merasa dan atau degdegan kalau mau diperiksa dokter? Ternyata perasaan yang sama dialami juga oleh anjing lho.

Anjing juga benci ke dokter. Bahkan detak jantung mereka naik dua kali lipat saat giliran mereka diperiksa tiba.

Itulah hasil penelitian dari University of Adelaide yang diterbitkan di Journal of Veterinary Behavior, seperti dilansir Daily Mail baru-baru ini.

Penelitian ini melibatkan 30 ekor anjing dari berbagai ras yang mengunjungi klinik hewan untuk pemeriksaan fisik rutin. Ke-30 anjing itu dihubungkan ke monitor detak jantung, sebelum mengunjungi klinik. Saat di ruang tunggu, detak jantung rata-rata anjing adalah 97 detak per menit (bpm).

Baca juga: Anjing Makan Kotoran, dari mana Perilaku Ini Datang?

Namun, selama pemeriksaan, sepertiga dari detak jantung anjing hampir dua kali lipat, memuncak pada rata-rata 180bpm.

Malah ada seekor anjing greyhound yang detak jantungnya mencapai 230bpm selama pemeriksaan.

Selama penelitian, para peneliti juga menilai perilaku anjing. Mereka menemukan bahwa peningkatan detak jantung berkorelasi dengan bahasa tubuh yang menunjukkan anjing itu merasa takut, seperti ekor yang terselip di antara kaki dan telinga yang dimiringkan ke belakang.

Baca juga: Perkenalkan, Anjing ‘Kuno’ dari Papua

Anjing betina juga lebih takut selama kunjungan dokter hewan daripada anjing jantan.

“Temuan dari penelitian ini menunjukkan aspek rutin perawatan hewan, pemeriksaan fisik, memunculkan respons rasa takut pada anjing,” kata para peneliti.

Mereka berharap temuan ini akan mendorong staf dokter hewan dan pemilik anjing untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra, dengan membantu meyakinkan anjing mereka selama pemeriksaan.

Kamu dapat membantu anjingmu dengan membangun hubungan dengan dokter hewan tertentu sehingga mereka tidak asing lagi dan juga pastikan untuk membawa beberapa makanan lezat untuk membuat pengalaman yang lebih positif pada hewan peliharaan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: