Press "Enter" to skip to content
Cumi raksasa (Foto Dok. Livescience)

Ini Penyebab Hewan Bisa Tumbuh Jadi Raksasa di Laut Dalam

30 April, pengunjung di kawasan pantai Long Beach di Kommetjie, Afrika Selatan, dikejutkan oleh penemuan bangkai cumi-cumi raksasa yang terdampar di pantai. Cumi itu memiliki panjang sekitar 2,2 meter dan kalau tentakelnya diluruskan, panjang totalnya mencapai 3,5 meter.

Bukan kali pertama cumi-cumi raksasa ditemukan di Afrika Selatan. Pada 2020, seekor bayi cumi raksasa terdampar di dekat Cape Town. Lalu jauh sebelum itu, pada 1992, pernah juga ditemukan seekor cumi raksasa dewasa yang panjangnya lebih dari 9 meter.

Apa yang membuat cumi bisa memiliki tubuh raksasa?

Cumi-cumi raksasa adalah salah satu hewan yang paling sulit dipahami di planet ini. Mereka hidup di kedalaman laut antara 300 hingga 1.000 meter dan jarang naik ke permukaan laut.

Hewan-hewan yang hidup di laut dalam, salah satunya cumi-cumi, ternyata memiliki kecenderungan tumbuh dengan kondisi gigantism atau tubuhnya menjadi raksasa. Tapi apa penyebabnya?

Seperti dilansir Live Science, terjadinya gigantism pada hewan laut dalam disebabkan dua faktor. Pertama, sebagai strategi untuk bertahan hidup dan kedua, dipicu oleh temperatur air yang sangat dingin.

Di laut dalam, menurut studi yang pernah dilakukan tahun 2006, sumber makanan sangat terbatas. Dengan kondisi seperti itu, memiliki tubuh raksasa memberikan keuntungan tersendiri.

“Hewan yang bertubuh lebih besar bisa bergerak lebih cepat dan lebih jauh dalam menemukan makanan atau pasangan,” kata Alicia Bitondo, seorang aquarist di Monterey Bay Aquarium di California.

Hewan bertubuh raksasa memiliki metabolisme yang lebih efisien dan lebih baik dalam menyimpan cadangan makanan.

Sedangkan temperatur yang sangat dingin akan memperlambat metabolisme dengan signifikan. Sehingga, hewan yang hidup di lingkungan yang sangat dingin itu seringkali tumbuh dan menjadi dewasa dengan sangat lambat.

Contohnya adalah hiu greenland alias Somniosus microcephalus. Hiu yang bergerak lambat ini bisa tumbuh sampai sepanjang 7,3 meter dan berbobot 1,5 ton. Hiu ini baru akan mencapai tahap dewasa secara seksual saat mereka berusia 150 tahun.

Minimnya predator di laut dalam membuat hiu ini bisa hidup sangat lama dan tumbuh sangat besar.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: