Press "Enter" to skip to content

Papua, dari Mana Nama Ini Berasal?

Selama beberapa dekade, Indonesia pulau besar di ujung timur nusantara sebagai Irian. Tapi kini, kawasan itu lebih dikenal dengan nama Papua. Sebenarnya, dari mana asal nama ini?

Kebanyakan artikel-artikel ilmiah menuliskan bahwa kata ‘Papua’ berasal dari bahasa Melayu Lama sebagai ‘papuwah’ artinya ‘rambut keriting’. Namun kata ini setelah ditelusuri ternyata tidak dijumpai dalam kamus Melayu lama.

Istilah ‘Papua’ justru muncul pertama kali dalam kamus Melayu yang dibuat oleh William Marsden tahun 1812. Sollewijn Gelpke, pegawai kolonial Belanda melakukan suatu studi tentang asal-usul kata ‘Papua’.

Dalam arsip Portugis dan Spanyol kata ‘Papua’ merupakan sebutan untuk penduduk yang mendiami wilayah Kepulauan Raja Ampat dan bagian pesisir Kepala Burung. Menurut F. C. Kamma, seorang misionaris yang juga ahli bahasa, ‘sup-i-papwah’ berasal dari bahasa Biak yang berarti ‘tanah di bawah matahari terbenam’.

Pada waktu itu, penduduk Pulau Biak saat cuaca cerah dapat melihat sebuah pulau besar yang terletak di sebelah barat, pulau di bawah matahari terbenam.

Jadi begitulah teman asal kata Papua. Semoga bermanfaat ya.

Kontributor: Hari Suroto

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: