Press "Enter" to skip to content

Cara Unik Menarik Perhatian Lawan Jenis, Ikan Buntal Punya Seni

Biasanya, kita akan melakukan sesuatu yang menarik perhatian, kalau ingin memikat lawan jenis, bukan? Begitu juga ikan yang satu ini. Ikan buntal Jepang jantan akan memperlihatkan sisi artistiknya untuk menarik hati betina.

Ikan buntal Jepang adalah ikan dari genus Torquigener. Ikan ini rela menghabiskan waktu berhari-hari tanpa henti untuk menciptakan gambar-gambar menarik di dasar laut. Dengan siripnya, ikan buntal jepang akan ‘mengukir’ lusinan pola geometris yang cukup rumit. Semakin rumit dan semakin presisi, semakin ia akan menarik mata ikan buntal betina yang tajam.

Sebuah video ikan buntal yang mengukir dasar laut pernah ditonton ribuan kali saat muncul di Reddit. Tapi video itu aslinya disiarkan dalam acara BBC Earth pada 2014 dalam episode “Courtship”. BBC membagi klip video itu di Facebook pada Agustus.

Begitu ikan buntal memulai karya gambarnya, dia tidak akan berhenti untuk beristirahat. Sebab, begitu ia berhenti, arus laut akan segera menghapus segala karyanya. Oleh sebab itu, ikan buntal akan terus mengukir sampai selesai.

Kadang polanya cukup rumit. Ikan ini bisa menciptakan garis-garis yang saling terhubung dan pada akhirnya menyatu sebagai desain melingkar yang ukurannya berkali-kali lebih besar dari ukuran tubuh sang ‘seniman’.

Livescience pernah melaporkan, ikan buntal berukuran sekitar 12 cm panjangnya mampu mengukir gambar geometris yang mencapai 2 meter diameternya.

Ikan buntal adalah seniman yang penuh teka-teki. Masih banyak rahasia yang belum terungkap, mengapa ikan ini punya kemampuan seni macam begitu.

Karya seni ikan ini pertama kali diketahui penyelam pada 1995. Tapi baru satu dekade kemudian peneliti tahu siapa gerangan yang membuat karya seni itu, yaitu ikan buntal Jepang.

Dalam penelitian tahun 2013 itu diketahui bahwa ikan buntal betina akan menggunakan struktur geometris yang rumit sebagai sarang dan mereka akan bertelur di tengahnya, tempat butiran pasir terbaik dikumpulkan. Karena itu, dalam tekniknya, si jantan akan menyapu butiran pasir halus ke jantung desainnya. Sementara garis-garis yang membentuk lembah dan punggungan akan memperlambat aliran air ke pusat sekitar 25 persen dan melindungi telur di sana.

Semakin rumit desain gambar itu, semakin ia akan menarik perhatian lawan jenisnya. Jika tidak ada yang tertarik, maka tak ada lagi yang bisa dilakukan si jantan malang.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: