Press "Enter" to skip to content

Situs Fromadi di Papua, Rumah Terlarang bagi Perempuan

Sarmi merupakan kabupaten terletak di pesisir utara Papua. Sarmi terkenal dengan kota ombak, karena langsung berhadapan dengan Samudera Pasifik.

Penelitian arkeologi di Kampung Sawar, Sarmi berhasil menemukan situs Fromadi. Cerita rakyat Sawar menyebutkan bahwa situs Fromadi merupakan kampung tempat tinggal nenek moyang mereka.

Nenek moyang ini membangun rumah panggung dan rumah karwari. Rumah karwari merupakan rumah khusus laki-laki yang disakralkan. Rumah ini berbentuk bulat, tinggi dengan atap kerucut.

Tengkorak-tengkorak manusia, tengkorak babi, tengkorak anjing dan seruling keramat disimpan di dalam rumah ini. Perempuan tidak diperbolehkan memasuki rumah ini.

Ekskavasi di situs ini berhasil menemukan manik-manik, gerabah, kapak batu, dan gelang kaca. Manusia yang pernah menghuni situs ini, pada masa lalu hidup berburu, menokok sagu, mencari ikan, dan kerang.

Gerabah mereka gunakan untuk wadah menyimpan bahan makanan dan memasak. Mereka juga mengenal memasak makanan dengan cara bakar batu.

Manik-manik dan gelang kaca berfungsi sebagai perhiasan tubuh, kedua artefak ini mereka dapatkan melalui perdagangan barter.

Kontributor: Hari Suroto

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: