Press "Enter" to skip to content
Dok. American Museum of Natural History

Beginilah Tampang T. rex Sebenarnya, Lupakan yang di Jurassic Park

Seperti apa gambaran Tyrannosaurus rex alias T. rex dalam bayanganmu? Kalau kamu membayangkan seperti yang ada di film Jurassic Park, maka kamu keliru. Sebab, setelah melalui penelitian panjang, sudah diketahui wujud T. rex paling mendekati.

Saat film Jurassic Park bikinan Steven Spielberg pertama kali dibuat pada 1993, ahli paleontologi sesungguhnya belum tahu betul seperti apa wujud T. rex. Sebab, yang ditemukan saat itu hanya tujuh atau delapan fosil tulang.

Kini, sudah banyak sekali fosil tulang yang ditemukan, sehingga makin bisa menggambarkan seperti apa wujud T. rex aslinya. Wujud itulah yang kini sedang dipamerkan oleh American Museum of Natural History, dalam sebuah pameran bertajuk “T. rex: The Ultimate Predator”.

Dipamerkan bahwa setelah menetas, T. rex tampil dalam ukuran seekor kalkun dewasa berbulu dengan tampilan wajah seperti bebek dengan paruhnya. Dia memiliki mata yang mengarah ke depan, seperti burung elang, sehingga menghasilkan persepsi yang dalam. T. rex juga tidak bisa berlari, tapi mereka bisa berjalan dengan kecepatan yang impresif, sampai 40 km/jam.

Tyrannosaurus rex berasal dari bahasa Yunani, “Tyrant” dan “lizard” dan bahasa latin “rex” yang berarti Raja. Hewan ini hidup antara 68 juta dan 66 juta tahun silam, atau selama periode Cretaceous (sebelum jatuhnya asteroid yang mengakhiri era dinosaurus). T. rex berasal dari superfamilia tyrannosauroidea yang mengandung lebih dari 20 spesies yang berevolusi dalam rentang waktu 100 juta tahun.

Dok. American Museum of Natural History

Semakin besar, T. rex bulu-bulunya tinggal di bagian kepala dan leher, serta di ujung ekornya. Keberadaan bulu ini memang tidak terdeteksi di temuan fosil. Tapi para ahli membandingkannya dengan temuan spesies tyrannosaur lain yang mengandung bulu, sehingga dapat diasumsikan bahwa T. rex juga berbulu.

Rentang usia T. rex diperkirakan lebih pendek dari manusia, hanya 30 tahun. Pertumbuhannya cukup cepat. T. rex bisa tumbuh dari anakan menjadi seekor predator berbobot 9 ton hanya dalam waktu 18-20 tahun atau sekitar 450 kg per tahun. Wow!

T. rex dewasa penuh mencapai bobot 6-9 ton dan tingginya 3,6 – 3,9 meter serta panjang 12 – 13 meter.

Kaki belakangnya panjang, sementara kaki depannya pendek. Ternyata itu adalah hasil evolusi. Dinosaurus ini tak memerlukan kaki depan untuk berburu, dia cukup mengandalkan kaki belakang dan kepalanya yang besar dan bergigi sangat tajam serta memiliki kekuatan gigitan yang sangat besar yaitu sampai 3600 kg. Bandingkan dengan kekuatan gigitan buaya air asin Australia yang mencapai 1678 kg. Tak ada hewan yang memiliki kekuatan gigitan seperti T. rex.

Di sisi lain, T. rex juga ternyata diketahui sebagai binatang yang kanibal alias dapat memakan jenisnya sendiri. Kemampuannya mencium, melihat, dan mendengar, sangat luar biasa sehingga disebut, tak ada mangsa yang bisa terhindar dari deteksinya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: