Press "Enter" to skip to content
Dok. Pixabay

Ini Daftar Password Termudah Ditebak, Punyamu Termasuk?

Coba cek passwordmu. Apakah kamu termasuk orang yang suka menggunakan password gampangan macam “123456”? Tahukah kamu, menurut penelitian kombinasi angka berurutan ini adalah password yang paling banyak digunakan orang. Kalau kamu termasuk salah satunya, gantilah! Soalnya, password itu paling banyak di-hack penjahat siber.

Dari sebuah survei yang digelar oleh National Cyber Security Centre (NCSC) dari Inggris diketahui ada sejumlah password yang paling mudah di-hack dan paling banyak dipakai orang. Mereka menganalisa password dari berbagai akun di seluruh dunia yang telah mengalami peretasan.

Sejumlah kombinasi password berada di urutan 10 terbesar. Password “blink182” adalah password populer yang mengacu nama penyanyi. Sedangkan “superman” adalah password terpopuler untuk karakter fiksi.

Tapi jelas, password “123456” adalah pemenang. Password ini digunakan 23,2 juta akun yang diretas. Lalu disusul oleh kombinasi “123456789”, yang digunakan oleh 7,7 juta akun. Password “qwerty” dan “password” digunakan lebih dari 3 juta akun.

Kalau password yang mengacu nama, nama “Ashley” dan “Michael” adalah paling umum. Disusul “Daniel”, “Jessica”, dan “Charlie”. Untuk klub sepakbola, password “Liverpool” paling banyak, disusul “Chelsea”, “Arsenal” dan “Manchester United” atau”manutd”.

Sedangkan untuk klub NFL, nama klub The Dallas Cowboys (biasanya disebut “cowboys1”) adalah yang terpopuler. Untuk nama hari, “Sunday” adalah yang terpopuler. Sedangkan bulan, password “August” adalah yang paling umum.

Berikut ini top 10 password yang paling gampang diretas di seluruh dunia:

123456
123456789
qwerty
password
111111
12345678
abc123
1234567
password1
12345

Password lain yang populer adalah “iloveyou”, “monkey” dan “dragon”.

Lantas, password seperti apa yang tak mudah diretas? NCSC menyarankan rumusnya adalah “password yang random tapi mudah diingat”. Jangan gunakan password yang mudah ditebak, seperti nama depan, nama tim sepakbola favorit, atau musisi favorit. Selain itu, gunakan juga kombinasi angka, karakter khusus, dan huruf besar-kecil.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: