Press "Enter" to skip to content
dok. pixabay

Tips Aman Mengakses WiFi Gratisan

Akses internet di mana saja sudah menjadi gaya hidup kita, termasuk untuk berbelanja berbagai kebutuhan. Itulah sebabnya, keberadaan WiFi gratisan, seperti di kafe, mal, dan ruang publik lainnya, tak ubahnya oasis bagi pebelanja online yang fakir kuota. Tapi waspada ya, sebab WiFi gratisan ini bisa jadi biang kerusakan.

WiFi gratisan ini bisa membuat kita menjadi korban peretas dan pelaku kejahatan siber. Apalagi kalau kita terbiasa berbelanja online melalui akses gratisan ini. Kita bisa kehilangan data penting bahkan juga kehilangan duit yang tak sedikit.

Sebenarnya, bukan WiFi-nya sih yang salah. Tetapi orang jahat yang memanfaatkan fasilitas umum untuk melancarkan kejahatan. Juga, adanya perilaku pengakses Internet gratisan yang kurang memperhatikan aspek keamanan mereka. Lantas bagaimana caranya supaya kita terhindar dari pelaku kejahatan siber melalui WiFi gratisan, khususnya saat berbelanja online?

IT Security Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh, berbagi beberapa tips keamanan siber yang dapat digunakan semua orang untuk terhindar menjadi korban akibat diretas melalui eksploitasi WiFi:

  • Pembeli online harus menghindari penyimpanan informasi pembayaran di portal pengecer, untuk mencegah kemungkinan hilangnya data melalui pelanggaran data.
  • Pastikan bahwa transaksi dilakukan pada jaringan aman dan bukan pada jaringan publik.
  • Pembeli online juga harus selalu memastikan bahwa situs web tempat mereka melakukan transaksi aman, dan bahwa mereka ada di situs web resmi pengecer.
  • Tautan dari banner iklan berpotensi menyebabkan pembeli online ke situs imitasi pengecer, yang dilakukan dalam upaya mencuri data pribadi dan keuangan.
  • Untuk terhubung ke internet saat bepergian atau di tempat umum gunakan fitur hotspot ponsel Anda.
  • Jika Anda benar-benar harus terhubung ke jaringan WiFi publik, pastikan untuk terhubung ke yang sah. Terkadang peretas akan membuat jaringan imitasi (kembaran berbahaya atau spoof) untuk menipu Anda agar masuk ke jaringan dengan nama yang sama. Tidak ada salahnya untuk memverifikasi dengan fasilitas yang tepat untuk terhubung.
  • Cobalah untuk menghindari masuk ke layanan sensitif seperti aplikasi perbankan, email atau transaksi online.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan layanan seluler ponsel cerdas Anda, yang selalu lebih aman daripada WiFi umum.
  • Gunakan layanan keamanan dasar seperti antivirus dan pertimbangkan VPN.
  • Jika Anda mencari perangkat lunak keamanan terkemuka, ada banyak yang bagus di luar sana yang mencakup hampir semua sistem operasi. Misalnya, ESET Smart Security Premium melindungi perangkat Windows dan Mac Anda dari ancaman dunia maya, dan meningkatkan peluang pemulihan jika perangkat Anda hilang atau dicuri (Mac juga rentan terhadap malware/virus).

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: