Press "Enter" to skip to content
Sungai Baliem (dok. Hari Suroto)

Potensi Ekonomi yang Besar di Lembah Baliem Papua

Kabupaten Jayawijaya menyimpan potensi yang begitu besar untuk produk lokal yang mereka hasilkan. Prestasinya pun tidak main-main. Khususnya di Lembah Baliem.
 
Sebut saja kopi arabika dari Baliem yang mendunia. Kopi yang merupakan 100% kopi organik tersebut dihasilkan dari perkebunan kopi tertinggi di dunia. Rasanya pun cukup berbeda dari kopi lainnya. Kadar keasaman kopi Baliem jauh lebih sedikit, sehingga membuat kopi ini dapat diminum oleh siapa saja.
 
Selain kopi, jika kita jalan-jalan ke pasar tradisional di Wamena, contohnya di Pasar Wouma, banyak barang dagangan yang dijual mulai dari bahan pokok seperti keladi, ubi jalar, pisang, tebu, buah-buahan, sayur-sayuran serta noken.
 
Buah-buahan dari Lambah Baliem juga sangat spesial. Buah markisa misalnya, rasanya lebih manis. Selain itu masih banyak produk lokal yang sangat dikenal oleh masyarakat luas seperti buah merah atau dalam bahasa Dani disebut kuansu.
 
Buah merah dikenal memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Sarang semut dan madu juga menjadi produk andalan yang dijual di pasar tradisional ini.
 
Penulis: Hari Suroto (arkeolog, tinggal di Jayapura) Bisa dihubungi di Instagram: @surotohari

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: