Press "Enter" to skip to content

Profesi Arkeolog di Zaman Now

Zaman now memiliki arti masa kini atau zaman sekarang. Namun zaman now juga berarti berbeda dengan lazimnya.

Tugas seorang arkeolog adalah merekonstruksi kehidupan manusia masa lalu. Terus apakah arkeolog mengenal zaman now?

Ketika saya menanyakan ke mahasiswa antropologi Universitas Cenderawasih di kelas, menurut kalian apa sih arkeolog itu? Mereka jawab Indiana Jones. Ada yang jawab Tomb Raider.

Apakah Indiana Jones itu arkeolog zaman old dan Tomb Rider adalah arkeolog zaman now? Tentu saja tidak.

Jadi arkeolog zaman now adalah arkeolog yang terbuka dengan teknologi dan perkembangan analisis terbaru dalam merekonstruksi masa lalu. Arkeolog zaman now harus paham CT scans, 3D scans, X-Ray analysis, DNA anaysis, Magnetic Resonance Imaging (MRI), Radiocarbon dating, serta ilmu bantu lainnya.

Yang jadi permasalahan di Indonesia adalah keterbatasan peralatan analisis di atas. Namun di luar negeri, para arkeolog sudah melakukannya.

Selain itu para arkeolog Indonesia zaman now, harus menguasai salah satu bahasa asing, mengerti IT, harus mengikuti perkembangan ilmu arkeologi terbaru, dan hasil penelitian harus dipublikasikan dalam bentuk ilmiah populer.

Generasi zaman now adalah generasi yang bergantung pada gadget, mereka lebih suka membaca postingan artikel yang singkat, padat dengan bahasa yang mudah dipahami. Arkelog zaman now juga harus paham tentang hal itu, jadi hasil penelitian selain dipublikasikan dalam jurnal ilmiah juga hasus dipublikasikan sebagai artikel populer.

Penulis: Hari Suroto (arkeolog, tinggal di Jayapura) Bisa dihubungi di Instagram: @surotohari

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: