Press "Enter" to skip to content

Olahan Tenggiri Nikmat dari Raja Ampat

Pulau Saonek secara geografis terletak di antara Waisai dan Sorong. Selama ini, Saonek dikenal sebagai penghasil olahan ikan tengiri yang terkenal di Raja Ampat.

Olahan ikan tengiri ini berupa ikan asin, kerupuk dan abon. Kualitas olahan tengiri produksi Saonek sangat terkenal. Olahan ikan tengiri ini menjadi oleh-oleh favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Waisai, Raja Ampat.

Tengiri yang diolah dengan diasinkan atau dibuat kerupuk serta abon menurut nelayan Saonek bernilai lebih tinggi daripada dijual segar. Selain itu dengan dibuat ikan asin, ikan tengiri bisa disimpan lama, setelah terkumpul banyak selanjutnya dijual.

Namun itu semua terjadi sebelum adanya pandemi covid-19. Saat ini dengan tidak adanya wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat sangat berpengaruh pada usaha pengolahan ikan tengiri Saonek.

Menurut Hayati Manam, sekretaris Kampung Saonek, aktivitas mengolah ikan tengiri tergantung pada kondisi laut. Saat kondisi ombak besar, nelayan tidak dapat menangkap ikan di perairan luar Pulau Saonek, sehingga mereka hanya mengumpulkan kerang dan memancing ikan selar di sekitar dermaga kampung.

Hasil tangkapan inipun sekedar untuk dikonsumsi pada hari itu juga. Sejak adanya pandemi covid-19 ini, aktivitas mengolah ikan tengiri di Saonek jumlahnya berkurang banyak. Karena tidak ada wisatawan yang membeli dan terbatasnya akses kapal penumpang ke Sorong. Sehingga nelayan Saonek berharap pandemi covid-19 segera berakhir dan roda ekonomi di Saonek dan Raja Ampat berputar kembali.

Penulis: Hari Suroto (arkeolog, tinggal di Jayapura) Bisa dihubungi di Instagram @surotohari

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: