Press "Enter" to skip to content

Menikmati Tugu Jepang dan Surfing di Sarmi, Papua

Pemandangan tak biasa ada di Kota Ombak Sarmi, yaitu dengan adanya bangunan khas Jepang. Yaitu Tugu Yamagata. Tugu ini terletak di Jalan Inpres Basecamp, Kelurahan Mararena, Distrik Sarmi, Kabupaten Sarmi.

Saat ini menjadi destinasi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sarmi. Untuk mencapai tugu ini sangat mudah. Terletak di pinggir jalan raya utama Kota Sarmi dan tidak jauh dengan Bandara Mararena Sarmi.

Tugu ini juga berada tidak jauh dari Pantai Sarmi, pantai yang berombak tinggi dan teratur, cocok untuk surfing. Pengunjung yang datang ke Tugu Yamagata seolah-olah berada di Jepang, tapi ada banyak tumbuh kelapa.

Memang pesisir Sarmi banyak ditumbuhi pohon kelapa, olahan utama dari komoditas kelapa ini yaitu vco dan sabun vco yang diproses secara modern.

Tugu Yamagata dibangun tahun 1994. Tahun 1994 dimulainya kerjasama Provinsi Kembar atau sister state antara Provinsi Irian Jaya waktu itu dengan Yamagata Prefecture, Jepang. Tugu Yamagata sebagai tanda persahabatan sister state Papua dengan Yamagata Prefecture.

Tugu Yamagata juga merupakan tugu perdamaian untuk mengenang atas terjadinya Perang Dunia II atau Perang Pasifik di Papua. Tugu Yamagata ini juga untuk mengenang banyaknya pasukan Jepang yang tewas dalam Perang Pasifik tahun 1944.

Penulis: Hari Suroto (arkeolog, tinggal di Jayapura) Bisa dihubungi di Instagram @surotohari

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: