Press "Enter" to skip to content
dok. pixabay

Tujuh Pulau dan Pantai Ini Kurang Populer Tapi Indah Sekali

Survei Agoda menemukan bahwa pantai termasuk destinasi perjalanan paling favorit bagi traveler Indonesia. Sebanyak 40 persen foto yang dikirimkan oleh para partisipan Agoda GoLocal Photography Competition adalah foto pantai yang mereka anggap sebagai permata tersembunyi.

Ternyata banyak juga lho foto-foto pantai yang mereka kirimkan adalah pantai yang tak terlalu populer. Tapi begitu melihatnya, kamu takkan bisa mengabaikan keindahannya. Pulau-pulau dan pantai itu berada di Sumatera, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat. Ini tujuh di antaranya:

Pantai Amed di Bali

Pantai Amed di Bali Timur ini terbentang di tujuh desa nelayan di tepi laut. Perairannya punya spot-spot menyelam dengan terumbu karang cantik dan kekayaan biota laut, mulai dari bintang laut ungu, hiu karang hingga penyu. Kamu juga bisa menyelam saat malam hari dan berenang bersama plankton bioluminescent.

Cobalah untuk menyelam di spot tenggelamnya USS Liberty di Tulamben (sekitar 30 km utara Amed) dan bersiaplah untuk terkagum-kagum. Tempat ini sering dianggap sebagai salah satu spot menyelam terbaik di dunia yang muncul dari reruntuhan kapal karam.

Selain melakukan aktivitas di air, kamu juga bisa mengamati petani garam lokal memanen garam secara tradisional dari air laut yang dituangkan ke batang pohon kelapa di daerah Purwaketi. Sehari memang tidak cukup untuk menikmati berbagai kegiatan di sini. Sebelum berpetualang lagi di keesokan harinya, beristirahatlah di Solaluna Beach Homestay atau Amed Beach Villa.

Pantai Blue Lagoon, Bali

Di sekitar Pantai Seminyak dan Jimbaran Bay ada pantai Blue Lagoon, permata tersembunyi juga masih di kawasan Bali Timur. Pantai ini cocok bagi kamu yang ingin merasakan ketenangan. Dikenal sebagai ‘surga bawah air’, Blue Lagoon memiliki kehidupan laut yang eksotik dan merupakan tempat yang bagus untuk snorkelling dan menyelam. Casa Mimba 3 Bedrooms Luxury Pool Villa Bali adalah tempat yang sempurna untuk wisatawan rombongan atau keluarga yang bepergian bersama ke sana.

Pulau Ontoloe, Nusa Tenggara Timur

Pernahkah Anda melihat ribuan kelelawar bergegas terbang ke langit senja? Pemandangan yang eksotis itu bisa kamu nikmati di timur laut Flores, NTT. Pulau Ontoloe dikenal sebagai Pulau Kelelawar karena menjadi habitat bagi koloni besar kelelawar buah yang biasanya terbang di atas pohon bakau.

Ontoloe juga merupakan pulau terbesar di Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung. Taman wisata laut ini terdiri dari lebih dari 20 pulau kecil dengan ekosistem terumbu karang melimpah, yang jika dihitung memiliki 27 spesies terumbu berbeda.

Pantai yang tenang dan perairan sejernih kristal menjadikan tempat ini sempurna untuk berenang, snorkeling dan melakukan kegiatan fotografi bawah laut. Tempat ini jauh dari jalur wisata, sempurna untuk liburan yang tenang. Menginaplah di Riung Guesthouse.

Pulau Natuna dan Anambas, Riau

Kepulauan Natuna dan Anambas adalah kawasan terluar di perbatasan utara yang terletak di Kepulauan Riau, sisi barat Laut China Selatan. Dikelilingi pantai pasir putih seperti Tanjung Sebagul dan Setengar, Natuna dan Anambas menjanjikan petualangan di tempat terpencil dengan keindahan alam tropis yang memanjakan mata. Jika beruntung, kamu bisa melihat penyu naik ke pantai untuk bertelur.

Saat bangun pagi, kamu akan dapat langsung menikmati pemandangan laut yang mengesankan di Private beach Villa Anambas islands.

Pulau Weh, Aceh

Terletak di titik paling barat Indonesia, Pulau Weh adalah pulau vulkanik kecil yang pernah terhubung dengan Pulau Sumatra, sebelum terpisah oleh laut karena meletusnya gunung berapi pada zaman Pleistosen.

Pulau Weh memiliki dua pantai yang sangat indah, Gapang dan Iboih, dan perairan hangat dan jernih dengan kehidupan laut yang hidup tanpa gangguan, sempurna untuk menyelam dan snorkeling.

Beristirahatlah di The Hawk’s Nest Resort Bungalow with Sea View atau The Hawk’s Nest Resort Bungalow Beach Front sebelum menjelajah ke air terjun Pria Laot dan menikmati pemandangan hijau menyegarkan, serta bersantai di salah satu sumber air panas di pulau ini.

Pantai Bira, Sulawesi Selatan

Terletak di Tanjung Bira, Sulawesi Selatan, Bira adalah pantai berpasir putih yang juga wajib dikunjungi. Rasakan pasir lembut saat kamu berjalan di sepanjang pantai sambil mengagumi pemandangan panorama indah. Dan jika kamu sudah siap berpetualang, sewa kapal dan kunjungi pulau terdekat seperti Liukang Loe.

Lengkapi pengalamanmu dengan menginap di Tevana House Reef yang letaknya strategis, tempat di mana kamu bisa bangun pagi dan berolahraga yoga bersama tamu lain, atau menikmati pijat di kamar.

Pulau Togian, Sulawesi Tengah

Pulau Togian adalah surga tropis sejati dengan pantai pasir halus yang indah dan terumbu karang alami di perairan jernih dan populer di kalangan para penyelam. Penggemar bawah air bisa menginap di Sanctum Una Una Eco Dive Resort yang menyediakan sarapan, makan siang dan makan malam dengan lengkap.

Jangan lupa berinteraksi dengan masyarakat lokal Bajau yang ramah, yang biasanya dikenal sebagai Gipsi Laut. Mereka tinggal di desa-desa yang dibangun di atas air! Untuk merasakan petualangan lebih menantang, cobalah untuk mendaki gunung berapi Una Una setelah kamu merasa cukup menikmati pantai.

Sudah siap menjelajah pantai-pantai tersembunyi itu? Eits, tahan diri dulu sampai ‘badai’ pandemi COVID-19 ini mereda ya. Jaga kesehatan supaya kita bisa kembali jalan-jalan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: