Press "Enter" to skip to content

Menikmati Sakura Tak Perlu Jauh-Jauh ke Jepang

Musim semi di negara empat musim sudah tiba. Kalau di Jepang, inilah saatnya menikmati keindahan bunga sakura yang semarak. Tapi tahukah kamu bahwa kamu juga bisa menikmati bunga sakura di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara?

Sebagaimana informasi yang diterima dari platform perjalanan Agoda, ada sejumlah destinasi wisata yang menawarkan pemandangan bunga sakura di luar Jepang. Di Indonesia malah ada di dua lokasi. Mana yang paling dekat rumahmu? 

Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat

Pohon sakura di Kebun Raya Cibodas mekar dua kali dalam setahun. Pertama di bulan Februari hingga Maret, kedua mekar di bulan Juli hingga Agustus. Ini dikarenakan iklim dua musim di Indonesia. 

Di sini memang ada taman tematik khusus sakura. Kalau tak terburu-buru, kalian bisa menikmati juga akomodasi mewah macam Le Eminence Puncak Hotel Convention and Resort dan bangun pagi dengan pemandangan gunung yang menawan.

Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Tidak perlu khawatir karena ketinggalan musim sakura mekar di bulan Maret atau April karena kamu bisa melihat bunga ini mekar di bulan Oktober di Waingapu! 

Untuk mereka yang gemar dengan wisata budaya, kunjungi toko dan workshop tenun ikat, dan saksikan pedagang yang memanggul kain di sekitar kota. Pesan kamar untuk liburan akhir pekan di Padadita Beach Hotel dan nikmati pemandangan laut dari teras kolam renang.

Kedah, Malaysia

Warga Malaysia bisa menikmati ‘musim sakuranya’ sendiri. Setiap tahun dari bulan Februari hingga April, jalanan kota Alor Setar dihiasi dengan warna warni merah muda dan putih dari pohon yang dikenal sebagai pohon Tecoma. Pohon yang bunganya mirip dengan sakura ini mengubah pemandangan kota. Walaupun bunga ini bisa ditemukan di sebagian besar kota, tempat yang paling populer adalah di sepanjang Jalan Kuala Kedah dan Jalan Langgar. Menginaplah di Hotel Royale Signature, yang tidak jauh dari landmark terkenal seperti Amand Central dan Menara Alor Setar Tower.

Penang

Jelajahi wilayah selatan yang juga dikenal sebagai destinasi dengan bunga Tecoma, serta nikmati wisata kuliner, budaya dan sejarah di Penang. Dikenal dengan nama “pohon kertas tisu” atau “pohon bunga terompet” bunga cantik ini biasanya mekar di musim panas, antara bulan Februari dan April. Bunga-bunga yang gugur menutupi jalan dengan kelopaknya yang berwarna merah muda, putih dan ungu. Pesan kamar di Lone Pine Boutique Hotel yang lokasinya berada di pantai Batu Ferringhi.

Palawan, Filipina

Selain dikenal dengan pantainya yang bersih, flora dan fauna bawah air yang menakjubkan dan sungai bawah tanah Puerto Princesa yang terkenal di dunia, Palawan juga menawarkan hal menarik lain, yaitu bunga sakuranya sendiri. Biasa disebut balayong atau Palawan Cherry, pohon ini menghasilkan bunga berwarna putih dan merah muda yang mekar setiap bulan Maret hingga April. Pohon-pohon ini ditanam oleh pemerintah setempat untuk menciptakan taman sakura mereka sendiri. Berkunjunglah ke sana saat akhir pekan dan menginaplah di Hotel Galija yang juga mengizinkan tamu untuk membawa hewan peliharaan mereka.  

Cavite, Manila

Lebih dekat ke Manila, Dasmariñas, Cavite juga membanggakan bunga sakura tiruannya. Bunga cantik berwarna merah muda lembut ini dihasilkan oleh Pohon Terompet – sepupu jauh pohon sakura Jepang yang kelopaknya rontok dengan lembut, meninggalkan jejak warna pink di sekitarnya. Habiskan akhir pekan romantis di Mount Sea Resort, bersantai di sore hari di tepi kolam dan berjalan-jalan di malam hari agar lebih dekat dengan alam.

Nakhon Pathom, Thailand

Untuk menikmati bunga sakura Thailand mekar, Chompoo Pantip, kunjungilah Kasetsart University yang memiliki lebih dari 200 pohon Chompoo Pantip. Bunga ini hanya mekar sekali dalam setahun di bulan Maret/April. Di bulan ini pohon di kedua sisi jalan dihiasi bunga berwarna pink dan membentuk jalur romantis dan menutupi tanah dengan kelopaknya yang berwarna merah muda lembut. Akhiri hari dengan menginap semalam di RK Riverside Resort and Spa.

Phatthalung, Thailand

Traveler yang tidak bisa menikmati Chompoo Pantip tetap bisa melihat bunga lotus merah muda mekar di Thale Noi Waterfowl Reserve (Thale Noi, Phatthalung). Selain memiliki pemandangan yang memanjakan mata, tempat ini juga rumah bagi ratusan spesies burung. Habiskan malam di Sripakpra Boutique Resort dan bangun pagi dengan pemandangan hijau dan bunga.

Hanoi, Vietnam

Sebagai ganti dari akibat ditutupnya perbatasan dan tentunya perjalanan ke Jepang , desa Nhat Tan Cherry Blossom memiliki sakura dengan warna pink gelap unik, yang ditanam oleh warga lokal. Pemandangan musim semi cantik ini juga ditemani oleh suhu udara yang sejuk, menjadikannya tempat liburan yang tenang, jauh dari kesibukan kota. Sofitel Legend Metropole menyambut tamu dengan hangat yang ingin berlibur dengan tenang.

Da Lat, Vietnam

Dengan hampir 3.000 pohon sakura berwarna pink cerah, Da Lat tempat yang sangat menawan di musim semi dan dikenal sebagai City of Flowers. Sakura di kota ini sangat populer karena bentuknya yang unik, yang menyerupai pohon aprikot lima daun. Untuk mendapatkan pemandangan yang benar-benar menakjubkan, berjalan-jalanlah di kota saat matahari terbit. Pengunjung bisa menghabiskan akhir pekan di Terracotta Hotel and Resort Dalat yang baru dibuka dan memiliki taman bunga sakuranya sendiri.

Ha Giang, Vietnam

Ha Giang, tempat yang populer di kalangan turis dan warga setempat, keindahan alam semakin menonjol di musim semi. Lanskap alam kota ini dihiasi dengan pohon sakura di sepanjang jalan-jalannya yang berliku melalui Quan Ba, Yen Minh dan Meo Vac. Wilayah ini terletak di antara pegunungan sehingga pemandangan sangat indah. Menginaplah di Phoenix Hotel yang terletak dekat dengan landmark popular seperti Thon Tha Village.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: