Press "Enter" to skip to content
Tracker Siklon Tropis Seroja (Dok. cyclocane.com)

Mengenal Siklon Tropis yang Meluluhlantakkan NTT

Siklon Tropis Seroja melanda kawasan Nusa Tenggara Timur dan meluluhlantakkan daerah itu serta menimbulkan ratusan korban tewas dan ribuan orang mengungsi. Sebenarnya apakah itu siklon tropis dan khususnya siklon tropis Seroja?

Menurut National Hurricane Center and Central Pacific Hurricane Center, siklon tropis adalah badai yang terdiri dari awan dan badai petir yang berasal dari perairan tropis atau subtropis dan memiliki sirkulasi tertutup tingkat rendah. Siklon tropis berputar berlawanan arah jarum jam di belahan bumi utara.

Sedangkan menurut World Meteorological Organization, siklon tropis adalah badai yang berputar cepat dan berasal dari lautan tropis dari mana ia menarik energi untuk berkembang.

Bagian pusat siklon tropis memiliki tekanan yang rendah dan awan berputar ke arah dinding yang mengelilingi bagian yang disebut “mata”, yaitu bagian tengah dari sistem. Di bagian mata ini, cuacanya biasanya tenang dan bebas dari awan.

Diameter siklon tropis biasanya sekitar 200 hingga 500 km, tetapi bisa mencapai 1000 km.

Siklon Tropis terbentuk antara di 5 dan 30 derajat Lintang utara biasanya bergerak ke arah barat. Terkadang angin di level tengah dan atas atmosfer berubah dan mengarahkan siklon ke arah utara dan barat laut. Ketika siklon tropis mencapai garis lintang mendekati 30 derajat di Utara, mereka seringkali akan bergerak ke timur laut.

Mengapa siklon tropis membahayakan? Sebab siklon tropis membawa angin kencang, hujan lebat, gelombang tinggi dan, dalam beberapa kasus, gelombang badai yang sangat merusak dan menyebabkan banjir.

Menurut klasifikasinya, siklon tropis dapat dibagi menjadi:
1. Depresi tropis (tropical depression): Siklon tropis dengan kecepatan angin maksimal 38 mph (33 knots) atau kurang dari itu.
2. Badai tropis (tropical storm): Siklon tropis dengan kecepatan angin maksimal 39 sampai 73 mph (34 to 63 knots).
3. Hurikan (Hurricane): Siklon tropis dengan kecepatan angin maksimal 74 mph (64 knots) atau lebih. di Pasifik Utara bagian barat, hurikan juga disebut taifun (typhoon); di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik bagian Selatan disebut siklon (cyclone).
4. Hurikan besar (Great hurricane): Siklon tropis dengan kecepatan 111 mph (96 knots) atau lebih tinggi, termasuk ke dalam kategori 3, 4 atau 5 dalam Saffir-Simpson Hurricane Wind Scale.

Siklon Tropis Seroja
Siklon tropis Seroja adalah siklon tropis rendah. Bibit Seroja terbentuk di lepas pantai selatan pulau Timor sebagai pada pukul 18:00 UTC pada tanggal 3 April. Badai ini bergerak sangat lambat di dekat pulau itu, sementara badai petir di sistem perlahan-lahan meningkat secara teratur. Pada 4 April, saat melewati utara Pulau Rote, badai ini mulai memasuki kategori 1 menurut skala Australia dengan kecepatan sekitar 95km dan disebut sebagai Siklon Tropis Seroja oleh TCWC Jakarta. Seroja terus menguat saat bergerak ke barat daya menjauhi Indonesia dengan kecepatan 105km dan mencapai Kategori 2.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: