Press "Enter" to skip to content
Mikroprosesor komersial pertama di dunia, Intel 4004

Mengenal Intel 4004 Pionernya Teknologi Mikroprosesor

Sejak pertama ditemukan sampai era 1970-an awal, komputer itu bentuknya masih besar-besar, bahkan seukuran ruangan. Lalu pada 1971, Intel meluncurkan mikroprosesor komersial pertamanya, Intel 4004. Hari-hari ini menandai setengah abad peluncuran mikroprosesor tersebut.

Intel 4004 telah membuka jalan untuk komputasi mikroprosesor modern. Mikroprosesor adalah ‘otak’ yang menghidupkan hampir semua teknologi modern saat ini, mulai dari cloud hingga edge. Mikroprosesor memungkinkan terjadinya fase inovasi yang saat ini bergerak begitu cepat dibandingkan sebelumnya.

“Tahun ini menandai peringatan 50 tahun chip 4004. Bisa dipikirkan berapa banyak yang telah kita capai dalam setengah abad terakhir. Ini adalah momen sakral bagi teknologi. Inilah yang membuat komputasi benar-benar tinggal landas!” kata Pat Gelsinger, CEO Intel, dalam keterangannya.

Intel 4004 merupakan pioner bagi mikroprosesor, dan kesuksesannya membuktikan bahwa sangat memungkinkan untuk membangun sirkuit terintegrasi yang rumit dan mengemasnya dalam sebuah chip seukuran kuku jari. Penemuan Intel 4004 juga membentuk sebuah metodologi desain random logic yang baru, yang menjadi landasan bagi generasi mikroprosesor berikutnya, sebelum berevolusi untuk menciptakan chip yang kini dipakai pada berbagai perangkat modern.

Mikroprosesor akan mengubah cara kita mendesain sistem, beralih dari penggunaan hardware ke software. Namun, kecepatan perkembangan mikroprosesor dari waktu ke waktu dan digunakan oleh industri, benar-benar mengejutkan,” kata Frederico Faggin, eks insinyur Intel yang merancang dan memproduksi Intel 4004 bersama dengan Tedd Hoff dan Stan Major.

Sejarah Intel 4004
Pada tahun 1969, Perusahaan Nippon Calculating Corp, meminta Intel mendesain sebuah circuit terintegrasi untuk kebutuhan prototipe produk kalkulator mereka yaitu Busicom 141-PF. Engineer Intel saat itu, Faggin dan timnya, mengubah rencana awal berupa 12 custom chip dan merancang satu set dengan empat chip – termasuk 4004, untuk menjawab tantangan itu. Secara luar biasa, chip seukuran kuku jari itu mampu memberikan kekuatan komputasi yang sama dengan komputer elektronik pertama yang dibuat pada tahun 1946, yang ukurannya hampir satu ruangan.

Berikut ini perbandingan Intel 4004 dengan Intel Core Generasi ke-12 yang diluncurkan oleh Intel pada Oktober lalu:

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: