Press "Enter" to skip to content
Leopard (kiri) dan Jaguar (kanan) (Foto: commons,wikimedia.org)

Jangan Terkecoh, Ini Beda Jaguar dan Leopard

Sepintas jaguar dan leopard sama saja. Kita bahkan bisa dengan gampang menyebutnya macan tutul. Tapi sesungguhnya jaguar dan leopard adalah dua hewan yang berbeda lho.

Dari nama ilmiah, jaguar adalah Panthera onca sedangkan leopard adalah Panthera pardus.

Persamaan jaguar dan leopard adalah sama-sama tergolong kucing besar dan sama-sama tergolong predator di habitat mereka. Tapi sesungguhnya kedua hewan ini memiliki banyak perbedaan.

Dilansir dari berbagai sumber, pertama kita perlu tahu dulu asal mereka. Dalam hal ini saja sudah berbeda.

Jadi, jaguar itu hidup dan berasal dari Amerika tengah dan Amerika selatan dan menjadi predator besar di habitatnya. Tapi, leopard berasal dari Afrika dan Asia dan di sana mereka termasuk predator yang kecil dibandingkan kucing besar lainnya.

Dari sisi ukuran tubuh, jaguar lebih besar daripada leopard. Bobot jaguar bisa mencapai 100kg lebih. Sedangkan leopard hanya sekitar 80kg.

Jaguar juga memiliki kepala depan dan rahang yang lebih lebar. Otot rahang, gigi, dan daya gigitnya lebih besar dibandingkan keluarga kucing besar lainnya, termasuk bila dibandingkan dengan leopard.

Kedua hewan ini adalah perenang yang baik. Tapi jaguar sangat menyukai air dan bisa memangsa caiman dan anakonda. Bisa dibayangkan dong, mengapa jaguar sangat perkasa. Wong mangsanya sendiri dahsyat begitu.

Baca juga: Ini Bedanya Crocodile, Alligator, Caiman, dan Gharial

Sedangkan leopard cenderung menghindari air dan tidak begitu suka berburu reptil besar macam buaya atau aligator. Sebaliknya, mereka lebih menyukai rusa dan mamalia lainnya.

Tutul-tutul pada tubuh jaguar maupun leopard disebut rosettes, yaitu lingkaran hitam bergerigi menyerupai bunga mawar dengan bagian tengah berwarna tawny dan kulit yang tawny (kuning kecokelatan). Corak dan warna ini menjadi kamuflase yang baik saat mereka sedang berburu mangsa di antara pohon atau vegetasi lainnya.

Leopard memiliki rosettes yang lebih kecil dan kurang kompleks dibandingkan jaguar. Jaguar memiliki rosettes yang lebih besar dan ada dot (titik) di tengahnya.

Baik leopard dan jaguar bisa memiliki bulu warna hitam, mutasi yang sering disebut sebagai ‘black panther‘ atau kita biasa menyebutnya macan kumbang. Jadi macan kumbang bukan spesies yang berbeda ya. Bisa jadi dia adalah leopard yang berbulu hitam atau jaguar yang berbulu hitam. Warna hitam berasal dari gen yang menghasilkan kelebihan pigmen yang disebut melanin.

O ya, jaguar dan leopard sama-sama bisa memanjat pohon. Tapi jaguar tidak terlalu suka kegiatan ini. Mungkin karena tubuhnya yang besar dan ekornya yang lebih pendek, sehingga keseimbangannga tidak sebagus leopard.

Sedangkan leopard suka memanjat karena suka juga menyembunyikan mangsanya di pohon supaya tidak direbut singa dan kucing besar lainnya. Jaguar sendiri tak terlalu punya pesaing di habitatnya.

Sudah tahu kan sekarang bedanya kedua macan ini? Jangan terkecoh ya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: