Press "Enter" to skip to content
Kuda laut (foto: commons.wikimedia.org/screenshot)

Ketika Kuda Laut Jantan Hamil dan Melahirkan

Biasanya yang bertugas melahirkan anak itu perempuan atau betina, bukan? Tapi tidak di dunia kuda laut, Di dunia hewan laut ini, jantanlah yang bertugas untuk hamil dan melahirkan anak-anaknya.

Kuda laut jantan mengerami embrio mereka di dalam kantong yang terletak dekat ekor mereka. Kantung ini sama seperti rahim pada mamalia betina. Sebab di dalam kantung terdapat plasenta untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi kuda laut.

Selama kehamilan, kuda laut jantan memberikan nutrisi dan oksiken kepada bayi mereka, menggunakan sejumlah instruksi genetik yang sama seperti kehamilan di dunia hewan mamalia.

Tapi dalam hal melahirkan, penelitian mendapati bahwa kuda laut jantan memiliki perilaku yang rumit dan struktur tubuh yang unik untuk melakukan persalinan.

Persalinan adalah proses biologis kompleks. Pada hewan betina proses ini dikendalikan oleh hormon termasuk oksitosin. Pada mamalia dan reptil, oksitosin menginduksi kontraksi pada otot polos rahim.

Baca juga: Ini Penyebab Hewan Bisa Tumbuh Jadi Raksasa di Laut Dalam

Ada tiga jenis otot utama: otot polos, otot rangka, dan otot jantung.

Otot polos ditemukan di dinding sebagian besar organ dalam dan pembuluh darah. Jenis otot ini tidak berada di bawah kendali kesadaran. Misalnya, usus kamu dilapisi dengan otot polos, yang berkontraksi secara berirama untuk memindahkan makanan melalui usus tanpa kamu harus mengontrolnya secara sadar.

Otot rangka ditemukan di seluruh tubuh dan menempel pada tulang melalui tendon, memungkinkan gerakan tubuh. Jenis otot ini berada di bawah kendali kesadaran. Misalnya, otot bisep saat berkontraksi memungkinkan kamu untuk secara sadar menekuk lengan Anda.

Otot jantung khusus untuk jantung dan juga di bawah kendali tak sadar.

Baca juga: Mengapa Anjing dan Hewan Lain Menjilati Lukanya

Nah pada mamalia betina, dinding rahim mengandung banyak otot polos. Oksitosin merangsang otot polos ini untuk berkontraksi dan membantu melahirkan.

Kontraksi uterus ini spontan dan tidak disengaja. Kita dapat mengukur kontraksi rahim ini sebagai respons terhadap oksitosin, dan hasilnya konsisten pada mamalia dan reptil.

Bagaimana dengan proses persalinan kuda laut jantan? Tim peneliti dari University of Sydney dan University of Newcastle mencoba menguraikannya. Hasilnya, kuda laut jantan ternyata menggunakan mekanisme yang berbeda untuk melahirkan dibandingkan dengan hewan hamil betina.

Peneliti menduga hormon oksitosin, alih-alih menghasilkan kontraksi otot polos, memicu perilaku kuda laut yang mengarah pada kelahiran. Terlepas dari kesamaan yang dimiliki kuda laut jantan dengan mamalia dan reptil betina selama kehamilan, tampaknya ayah kuda laut memiliki cara unik untuk melahirkan anak mereka.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: