Press "Enter" to skip to content

Menengok Proyek VR Doodle Pertama dari Google

Pada Kamis (3/5) kemarin, Google membuat doodle yang unik dan menarik. Kali pertama Google menampilkan doodle berbentuk video virtual reality dalam animasi 360 derajat. Sehingga disebutlah ia, VR Doodle. Untuk proyek pertama ini, Google menampilkan profil pembuat film asal Prancis, Georges Méliès.

Proyek bertajuk Back to The Moon ini akan tersedia melalui aplikasi Spotlight Stories dan bisa ditonton dengan asyik dengan Cardboard dan headset Daydream.

Dikutip dari berbagai sumber, sebetulnya kisah Melies yang bukan yang pertama diproduksi dalam platform VR. Sebelumnya sudah ada kisah Pearl, Buggy Night, dan Son of Jaguar, yang dirilis via YouTube. Tapi belum ada yang dipromosikan di home page Google.

Sedang di Google Doodle, biasanya memang menampilkan atau merayakan prestasi atau kelahiran tokoh-tokoh berprestasi di dunia. Kali ini yang ditampilkan adalah Méliès. Siapa dia?

Méliès adalah sutradara yang hidup antara 1861 sampai 1938. Dialah sutradara yang pertama kali menerapkan efek khusus, termasuk substitution splice, yaitu versi awal dari jump cut, multi eksposur, dan fotografi time-lapse.

Méliès sudah membuat lebih dari 500 film selama kariernya, termasuk film A Trip to the Moon, The Impossible Voyage, dan The One-Man Band. Dia sering juga ikut main di film-filmnya, serta berkontribusi pada hampir semua aspek produksi, dari set desain sampai mengarahkan para aktor.

Sosok di balik proyek VR Doodle ini adalah Helene Leroux, seorang doodler dari London, yang memilih Méliès untuk masuk ke dalam daftar Google Doodle pada musim panas lalu.

Ide Leroux untuk membuat Doodle dalam bentuk video disambut oleh Google yang mempertemukannya dengan Spotlight Stories dan Nexus Studios, perusahaan di London yang ahli membuat film, animasi, dan kisah interaktif. Leroux juga mengajak kerjasama tim Google Arts & Culture di Paris, yang punya relasi dengan Cinémathèque Française, sebuah perusahaan film Prancis yang punya salah satu arsip film terbesar di dunia, termasuk film-film yang dikerjakan oleh Méliès.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: