Press "Enter" to skip to content
dok. Pixabay.com

Ngopi Menurunkan Risiko Mati Akibat Sakit Jantung

Kopi bermanfaat bagi kesehatan, itu pasti. Bahkan sebuah penelitian terbaru mendapati bahwa ngopi sampai tiga cangkir sehari bisa mengurangi risiko kematian akibat sakit jantung sampai 17 persen.

Dilansir dari Science Alert, tim yang dipimpin peneliti dari Semmelweis University di Budapest meneliti hubungan antara kebiasaan ngopi dengan serangan jantung dan stroke.

Mereka mendapati bahwa ngopi dalam skala moderat bisa mengurangi risiko stroke sampai 21 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak ngopi sama sekali.

Manfaat kopi bagi kesehatan sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Riset National Cancer Institute AS tahun lalu mendapati mereka yang ngopi 6-7 cangkir kopi per hari 16 persen tidak bakal mati karena penyakit dalam 10 tahun dibandingkan yang tidak.

Studi lain dilakukan oleh Harvard School of Public Health, menemukan bahwa perempuan yang ngopi 4 cangkir atau lebih sehari 20 persen tidak bakalan mengalami depresi. Dan masih banyak lagi penelitian lainnya.

“Ini studi terbesar yang meneliti efek ngopi terhadap kardiovaskular dalam sebuah populasi tanpa mendiagnosa penyakit jantung,” kata penulis studi itu, Judit Simon dari Semmelweis University di Hungaria.

Simon mengatakan penelitian mereka mendapati bahwa ngopi secara teratur adalah aman. Bahkan walaupun tingkat konsumsinya lebih tinggi, ternyata tidak berhubungan dengan masalah kardiovaskular dan kematian setelah di-follow-up antara 10-15 tahun.

Dalam penelitian ini, Dr. Simon dan timnya membandingkan kesehatan dan tingkat konsumsi kopi dari 468.629 orang dewasa selama 11 tahun.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: