Press "Enter" to skip to content
Alvin Putera Budiman, siswa SMP Labschool Kebayoran yang meraih medali perak di kompetisi matematika di Thailand. CNN IndonesiaFitri Chaeroni

Alvin, Jagoan Matematika dari Labschool

Prestasi membanggakan diraih Alvin Putera Budiman, siswa kelas 9 SMP Labschool Kebayoran, Jakarta. Remaja ini meraih medali perak dalam olimpiade matematika di ajang Thailand International Mathematics Competition 2016.

Thailand International Mathematics Competition (TIMC) 2016 berlangsung pada 14-19 Agustus 2016.

Kompetisi ini diikuti oleh 296 pelajar setingkat SMP, yang terdiri dari 74 tim dari 29 negara yaitu: Australia, Bulgaria, Belanda, Kanada, Cina, Cyprus, Filipina, Ghana, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Laos, Lebanon, Macau, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Nepal, Rumania, Afrika Selatan, Korea Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam.

Indonesia mengirimkan 8 siswa terbaiknya, yang dibagi menjadi 2 Tim. Siswa-siswa ini bagian dari 15 siswa peraih medali emas dan medali perak Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di Palembang, Sumatera Selatan.

Pada kompetisi TIMC 2016 ini, setiap Tim mengikuti dua tes bagi masing-masing peserta, yaitu Individual Contest dan Team Contest.

Prestasi yg diraih oleh Alvin bukanlah tanpa persiapan. Dia bersama siswa lain yang lolos seleksi, mengikuti pembinaan di bawah Ditpsmp bekerja sama dengan KPM (Klinik Pendidikan MIPA pimpinan Ridwan HS, pembina olimpiade) selama hampir 2 bulan.

Sebelum bertarung di kompetisi itu, Alvin ini sudah meraih beberapa prestasi lho selama 2016 ini. Dia meraih medali emas pada kompetisi matematika nalaria realistik (KMNR 11) se-Indonesia pada April 2016 Dia meraih medali perak pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Palembang Mei 2016. Lalu pada Juli, Alvin meraih medali perunggu junior balkan mathematics olympiade (JBMO) di Rumania.

Artikel ini dikutip dari CNN Indonesia Student. Berikut link lengkapnya:

http://student.cnnindonesia.com/student-star/20160823065212-463-153158/alvin-dan-medali-perak-matematika-dari-thailand/

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: