Press "Enter" to skip to content

Saksikan Gerhana Bulan Terlama Abad Ini pada 27 Juli Nanti

Langit malam pada bulan Juli ini bakal lebih merah. Planet Mars akan tampak lebih terang dan kita bisa menikmati Gerhana Bulan terpanjang.

Planet Mars akan mencapai bagian orbit yang biasa disebut oposisi, di mana dia berada dalam posisi yang berpunggungan dengan Matahari di langit Bumi. Posisi Bumi dan Mars juga jadi yang terdekat selama 15 tahun terakhir.

Kamu perlu tahu, Bumi dan Mars mengorbit Matahari pada jarak yang berbeda. Karena Bumi lebih dekat ke Matahari, orbitnya lebih cepat ketimbang Mars.

Menurut NASA, saban dua tahun, Matahari, Bumi, dan Mars berada dalam satu garis atau yang disebut oposisi. Bulan ini, oposisi akan terjadi pada 27 Juli dan titik terdekat Mars dan Bumi akan terjadi pada 31 Juli pukul 07.50 GMT. Maka Mars akan terlihat sangat terang, bahkan lebih terang dibandingan peristiwa yang sama pada 2003, di mana Mars mencapai jarak paling dekat ke Bumi selama hampir 60.000 tahun, yaitu sekitar 50 juta kilometer.

Pada 31 Juli nanti, Mars akan 10 kali lebih terang dari biasanya. Jarak dari Bumi adalah 57,6 juta kilometer.

Pada hari yang sama Mars mencapai oposisi, akan terjadi Gerhana Bulan dan menjadi Gerhana Bulan terlama di abad ke-21 ini. Pada 27 Juli, pengamat langit di Afrika, Timur Tengah, Asia bagian selatan, dan Samudera Hindia, akan melihat Gerhana Bulan yang berlangsung selama 1 jam dan 43 menit. Kalau termasuk dengan fase sebagian, maka Bulan akan ada di dalam bayangan Bumi selama hampir 4 jam.

Gerhana Bulan terjadi ketika Bulan melintas di bayangan Bumi, secara langsung berlawanan dengan Matahari. Berbeda dengan Gerhana Matahari, Gerhana Bulan aman diamati dengan mata telanjang. Gerhana pada 27 Juli akan terjadi pada pukul 19.30 sampai 21.13 GMT.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: