Press "Enter" to skip to content

Tertelan Tulang Ikan? Hati-Hati Ususmu Bisa Bolong

Ketika makan ikan kemudian tak sengaja tertelan tulang/duri ikan mungkin pernah kamu alami. Ketika tulang seperti tersangkut, biasanya solusinya dengan minum banyak-banyak atau mendorong tulang dengan makan segumpal nasi. Tapi tahukah kamu, tertelan tulang ikan bisa berbahaya juga lho.

Ada satu kasus menarik sekaligus menakutkan gara-gara tertelan tulang ikan. Seorang pria di Jepang terpaksa dioperasi dan sebagian usus kecilnya dipotong sebagian gara-gara tertelan tulang ikan. Penyebabnya, tulang ikan sepanjang 2cm tersebut telah melukai dan melubangi usus si pria tersebut. Dokter yang mengoperasinya terpaksa memotong usus yang terluka dan memberikan antibiotik.

Kasus yang dibahas di jurnal The New England Journal of Medicine edisi 21 Agustus 2019 ini adalah kasus yang amat jarang. Soalnya, kalau tertelan tulang ikan itu cukup banyak kasusnya. Tapi kalau sampai tulang itu melukai usus, sangat jarang terjadi. Walau jarang, tetap hati-hati ya.

Hanya kurang dari 1 persen benda asing dapat melukai usus, seperti dilaporkan di jurnal World Journal of Gastroenterology edisi 2014, sebagaimana dilansir Live Science. Tulang ikan, meski tajam di salah satu sudutnya, biasanya bisa lolos melewati usus dan dibuang.

Orang yang memakai gigi palsu berisiko tinggi menelan tulang ikan sebab mereka sulit merasakan adanya tulang di mulut saat makan. Mereka yang berisiko tinggi lainnya adalah anak kecil, orang lanjut usia, dan mereka yang makan ikan sambil mabuk.

Kalau mau menurunkan risiko menelan tulang ikan, ada baiknya membeli ikan dalam bentuk filet saja. Cara lain, ya makannya pelan-pelan dan hati-hati memisahkan ikan dari tulangnya dan yang dimakan itu dagingnya, bukan tulangnya. Hehehe.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: