Press "Enter" to skip to content
Image by Peggy und Marco Lachmann-Anke from Pixabay

8 Cara Menghindari Virus Corona

Seperti yang sudah kami terbitkan pekan lalu, virus corona sedang merebak di China dan menyebar ke sejumlah negara. Virus ini berbahaya dan menyebabkan pneumonia atau infeksi atau peradangan akut paru-paru. Kondisi ini dapat mematikan.

Tapi kita bisa kok mencegah diri kita supaya tak tertular. Dari berbagai sumber, kami mencoba menyarikannya untuk kalian:

1. Jangan panik dan tetap waspada
Kalau merasa gejala demam, batuk, disertai kesulitan bernafas, segeralah ke rumah sakit/fasilitas kesehatan terdekat.

2. Kalau batuk atau bersin, tutuplah mulut dan hidung.

3. Selalu bawa pembersih tangan (Sanitizer yang mengandung alkohol 70-80 persen) dan tisu basah yang mengandung pembersih/alkohol.
Berada di area publik dapat menularkan virus melalui berbagai cara. Ada baiknya selalu bersihkan tangan setelah menyentuh sesuatu yang banyak disentuh oleh orang banyak. Apa misalnya? Misalnya karet rail di tangga bergerak atau eskalator, pegangan di lift umum, kursi angkutan umum atau di halte bus umum, handle pintu kamar mandi umum entah itu di terminal, bandara, dan bahkan mal, dan sebagainya.

Tapi kalau ada, paling baik adalah mencuci tangan dengan sabun. Cara membersihkan tangan yang baik adalah cuci dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setidaknya 20 detik.

4. Sebelum memegang mulut, hidung, dan mata, sebaiknya pastikan tanganmu sudah dibersihkan dengan sanitizer atau tisu basah terlebih dahulu.

5. Minum air hangat dan konsumsi vitamin C serta buah-buahan dan sayuran sehat.
Ini untuk menjaga daya tahan tubuhmu dari serangan virus.

6. Hindari dulu bepergian ke China.
Kita tahu bahwa virus ini pertama kali muncul di Kota Wuhan dan kini menyebar ke mana-mana. Karena sifatnya yang bisa menyebar dari manusia ke manusia, ada baiknya hindari dulu bepergian ke China sampai keadaan aman.

7. Gunakan masker
Terutama kalau kamu bepergian dengan pesawat. Kita tidak tahu siapa saja yang menjadi teman satu pesawat dan dari mana saja asal mereka. Supaya aman, ada baiknya selalu pakai masker. Tak hanya di pesawat sih, dalam kondisi begini, baiknya kita mengenakan masker ke mana-mana.

8. Hindari menyentuh hewan peliharaan atau hewan liar
Virus corona diketahui menjangkit pertama kali dari hewan di sebuah pasar di Wuhan yang menjual hewan hidup seperti unggas, dan hewan-hewan yang liar.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: