Press "Enter" to skip to content

Terapkan Tips Ini Sebagai Proteksi Diri dari Virus Corona COVID-19

Dengan status pandemi, virus corona baru atau biasa disebut juga COVID-19 sudah tersebar hampir di seluruh dunia. Pertanyaan yang pasti sama dari kebanyakan orang adalah: bagaimana melindungi diri dari virus corona?

Ada banyak pendapat di luar sana tentang bagaimana caranya terhindar dari COVID-19. Seperti mendongkrak sistem imun dengan segala sesuatu dari suntik vitamin C sampai seks. Tapi cara paling berdampak adalah dengan mencuci tangan dan usahakan tidak menyentuh wajahmu.

Berikut ini adalah beberapa hal praktis atau tips praktis untuk membatasi penyebaran virus COVID-19, seperti disarikan dari Science Alert:

Social distancing
Kita terbiasa kontak dalam jarak dekat dengan orang lain. Seperti berpelukan, mencium anak, berdekatan dengan seseorang di commuterline atau transjakarta, dan sebagainya.

Social distancing adalah berusaha memberi jarak yang cukup jauh dengan orang lain. Gantikan ciuman dengan tos kaki. Gantikan pelukan dengan tos tangan tapi tak kena. Dan sebagainya. Semua hal-hal kecil tapi akan sangat berarti dalam upaya membatasi penyebaran COVID-19 sehingga bencana ini bisa lebih mudah ditangani.

Persiapan di tempat kerja/sekolah
Salah satu hal penting tentang penyakit menular adalah ia akan tersebar dengan cepat ketika ada banyak orang berkumpul di satu tempat yang terbatas. Ini termasuk di sekolah dan tempat-tempat kerja, ketika anak dan orang dewasa dipaksa berada di satu ruangan bersama-sama.

Jadi bertindaklah. Sekolah mungkin harus ditutup, tapi tidak selamanya. Kita bisa ikut mengurangi risiko dengan memastikan anak-anak tetap di rumah ketika jatuh sakit dan menjalankan kebiasaan simpel seperti mencuci tangan saat berada di sekolah.

Begitu juga di tempat kerja. Bekerja dari rumah adalah pilihan terbaik kalau terpaksa. Pemilik bisnis atau pengusaha harus bekerja ekstra keras untuk memastikan usahanya berjalan meski stafnya tidak perlu ke kantor. Tapi memang tak semua jenis pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Oleh sebab itu, perlu juga strategi yang terbaik.

Praktikkan di Rumah
Salah satu penyebab menyebarnya COVID-19 dengan cepat di China adalah karena virus itu menulari anggota keluarga yang lain di rumah. Karena itu cegah supaya virus ini tidak menyerang anggota keluargamu. Kalau kamu sakit, isolasilah dirimu sendiri. Kalau anggota keluargamu ada yang sakit maka lindungi dirimu saat merawatnya.

Pel lantai selalu. Hindarkan anak-anak dari terlalu sering menyentuh mulutnya atau mulut kamu. Sediakan sabun dan biasakan seluruh anggota keluarga untuk selalu mencuci tangan. Kalau batuk atau bersin, jangan sembarangan. Tutupi dengan sikumu, bukan telapak tangan.

Tetap Aman dan Jangan Panik
Jangan panik. Tapi tetap pantau berita dari sumber yang baik dan tak usah percaya hoax. Jangan juga menyalahkan orang yang tertular. Tak ada seorang pun yang mau, bukan? Ingat, kebiasaan menyalahkan orang lain bisa membuat orang yang mengalami gejala corona akan takut berobat. Dampaknya, penularannya jadi tak terkendali kan?

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: