Press "Enter" to skip to content
Ilustrasi masker (Foto: leo2014/Pixabay)

Duh, Jangan Buang Sampah Masker ke Danau Sentani

Selama pandemi terjadi, protokol kesehatan seperti memakai masker, sangat diwajibkan bagi kita. Tetapi jangan lupa, sampah maskernya jangan dibuang sembarangan, apalagi sampai dibuang ke danau yang penting bagi ekosistem kita, seperti yang ditemukan di Danau Sentani, Jayapura, Papua.

Danau Sentani berada di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua. Menjelang PON XX 2021 Papua, beberapa destinasi wisata di seputaran Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura tengah dipersiapkan menyambut kedatangan para tamu PON.

Salah satu destinasi wisata PON XX adalah kawasan Danau Sentani. Selain memiliki flora, fauna yang khas, perbukitan savana sekitar Danau Sentani juga sangat indah dan instagramable untuk berswafoto dari ketinggian. Selain itu Danau Sentani juga memiliki situs-situs arkeologi yang dijadikan sebagai destinasi wisata.

Untuk menikmati pesona Danau Sentani dapat dilakukan dengan menyewa perahu yang mudah dijumpai di dermaga Khalkote, Distrik Sentani Timur, dermaga Yahim, Distrik Sentani maupun dermaga Toware di Distrik Waibu.

Sejak pandemi covid-19, pesona Danau Sentani ini terganggu oleh sampah masker, seperti terlihat di Dermaga Yahim.

Sampah masker di Sentani (Foto: Hari Suroto)

Dermaga-dermaga perahu di Danau Sentani tidak dilengkapi tempat sampah dan tidak adanya papan kampanye untuk menjaga alam Danau Sentani atau pemberitahuan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Untuk itu, PON masih sekitar dua bulan lagi, masih ada waktu untuk membersihkan Danau Sentani dari sampah. Danau ini sangat dekat dengan Bandara Sentani, dan akses dari Bandara Sentani ke Kota Jayapura juga melalui jalan raya sepanjang tepi danau sebelah utara.

Kebersihan Danau Sentani merupakan tanggung jawab bersama.

Penulis: Hari Suroto (arkeolog, tinggal di Jayapura) Bisa dihubungi di Instagram @surotohari

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: