Press "Enter" to skip to content
Lukisan batu di Xinjiang, China (Foto: DailyMail/Reuters/Diolah)

Benarkah Ski Berasal dari China?

China menantang keyakinan selama ini bahwa aktivitas ski lahir di Eropa. Badan Pariwisata di China mengklaim bahwa negeri Tirai Bambu itulah yang menemukan aktivitas ski, berdasarkan pada temuan lukisan batu kuno yang diperkirakan berasal dari masa 10.000 tahun lalu.

Seperti dilansir dari Daily Mail, badan pariwisata itu mengatakan gambar yang ada di lukisan batu memperlihatkan figur orang sedang memegang benda yang mirip dengan alat ski.

Baca juga: Bumerang, Lebih dari Sekadar Alat Berburu

Selama ini diyakini bahwa ski berasal dari Eropa, yakni dari tahun 2.500 SM, setelah ditemukannya alat ski terawetkan di rawa gambut Swedia.

Sementara temuan lukisan batu itu ditemukan di provinsi Xinjiang pada 2005. Selain gambar manusia memegang benda seperti alat ski, ada juga gambar hewan sehingga diduga manusia pada masa lalu menggunakan alat seperti ski itu untuk berburu.

Dalam acara pembukaan Olimpiade Musim Dingin baru-baru ini, China menegaskan klaimnya bahwa Xinjiang adalah tempat kelahiran ski. “Anda bisa melihat dari lukisan itu bahwa nenek moyang kami dari zaman Paleolitikum membuat ski untuk alat transportasi dan berburu di salju,” demikian dinyatakan dalam sebuah video saat pembukaan event olahraga itu.

Baca juga: Bagaimana Manusia Menyimpan Makanan Sebelum Kulkas Ditemukan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: