Press "Enter" to skip to content

Teh Khusus untuk Diabetes, Hasil Riset Mahasiswi Airlangga

Diabetes masih termasuk penyakit mematikan nomor 3 di Indonesia. Menurut catatan Kementerian Kesehatan RI, penderita diabetes di Indonesia sudah mencapai 10,3 juta orang dan diprediksi terus meningkat hingga 16,7 juta pada 2045. Perlu solusi supaya hal ini bisa diatasi. Inovasi dari mahasiswa Universitas Airlangga, Surabaya, ini bisa jadi salah satunya.

Sebanyak empat mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga berhasil meraih gold medal dan special Award Negara Thailand dalam ajang 10th International Exhibition of Inventions and The 3rd World Invention and Innovation Forum (IEI & WIIF 2018) di Foshan China, 15 September 2018 lalu.

Keempat mahasiswa itu adalah Novia Tri Handika, Indriani Dwi Wulandari, Nurul Hidayati, dan Neisya Pratiwindya Sudarsiwi. Keempatnya mengangkat ide pemanfaatan kulit ari buah semangka dan sari melati sebagai teh terapeutik sebagai alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas hidup penderita Diabetes Mellitus Tipe 2.

Albedo Romin Tea sebagaimana ide nama produk itu, memanfaatkan kandungan utama albedo atau biasa kulit ari semangka: Citruline, senyama kimia yang membantu proses produksi insulin pada hati yang membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Penambahan kelopak bunga rosella memiliki kandungan flavonoid mampu bekerja sebagai anti radikal bebas, membantu memperbaiki kinerja sel beta pankreas sebagai produsen insulin tubuh. Inovasi ini rencananya akan dilakukan pengkajian pra-klinis melalui hewan coba mencit. Keempat mahasiswa tersebut berharap, pembuktian tersebut mampu meloloskan produknya untuk dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes dan dipatenkan.

“Alhamdulillah, kami bisa mendapatkan penghargaan ini. Perjuangan selama 5 bulan mempersiapkan lomba ini akhirnya terbayarkan. Kami bisa membuktikan bahwa kami bisa berprestasi dan mengharumkan nama almamater,” papar Neisya, salah satu anggota tim, seperti dilansir dari Ristekdikti.go.id.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: