Press "Enter" to skip to content
Pemandangan lima planet berbaris pada bulan Juni 2022 (Screenshot dari Sciencealert.com)

Pemandangan Langka! Lima Planet Berbaris di Langit bulan Juni

Ada yang menarik di langit dalam beberapa hari ke depan selama bulan Juni. Kamu bakal bisa menyaksikan lima planet berbaris di langit. Kamu bahkan bisa menyaksikannya dengan mata telanjang.

Seperti dilansir dari Science Alert, kelima planet berbaris di langit itu adalah Merkurius, Venus, Mars, Yupiter, dan Saturnus. Pada hari-hari tertentu, menurut astronom, sebenarnya kamu juga mungkin dapat melihat Uranus dan Neptunus. Tapi kamu akan membutuhkan teropong dan teleskop, sebab planet-planet ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang di Bumi.

Kelima planet akan muncul dalam urutan jaraknya dari Matahari, dari kiri ke kanan saat Anda melihat cakrawala. Artinya, bakal dimulai dari Merkurius (rata-rata 58 juta kilometer dari Matahari) dan diakhiri oleh Saturnus (rata-rata 1,4 miliar kilometer dari Matahari).

Fenomena langit yang tak boleh kamu lewatkan ini akan terlihat ke arah ufuk timur tepat sebelum Matahari terbit. Di belahan bumi utara, lihat ke arah timur dan selatan; di belahan bumi selatan, lihat ke arah timur dan utara.

Baca juga: Kalau di Bumi 1 Hari 24 Jam, Di Bulan…

Meskipun barisan planet ini akan tampak sepanjang Juni, perhatikan bahwa pada pagi hari tanggal 3 Juni dan 4 Juni, jarak antara Merkurius dan Saturnus akan dekat sekali: hanya 91 derajat.

Tanggal lain yang perlu diingat adalah 27 Juni. Jaraknya menjadi 107 derajat, dan Bulan sabit yang memudar akan muncul di antara Venus dan Mars. Kamu bahkan dapat menganggapnya sebagai pengganti Bumi.

Merkurius juga akan terlihat jelas pada 27 Juni, sehingga memudahkan Anda untuk melihatnya sebelum bergerak ke kanan di sepanjang cakrawala. Pada pagi yang spesial ini, pertunjukan planet itu akan terlihat selama sekitar satu jam.

Baca juga: Tentang Bintang Betlehem, yang Memandu orang Majus Menemukan Bayi Yesus

Tapi catatlah bahwa tanggal-tanggal tersebut dan visibilitas planet-planet dapat bervariasi tergantung di mana kami berada di Bumi. Seharusnya ada banyak kesempatan bagi semua orang untuk melihat kelima planet, bahkan meskipun langit di tempatmu berada agak berawan sepanjang bulan.

Fenomena planet yang terlihat bersamaan ini disebut dengan istilah konjungsi. Dan konjungsi dengan lima planet ini terbilang langka lho. Fenomena ini terjadi terakhir pada Desember 2004.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: